Kabar Jatuhnya Pesawat di Sekitar Gunung Raung Hebohkan Sejumlah Wartawan dan Warga Setempat

Kabar jatuhnya sebuah pesawat terbang di Gunung Raung, menghebohkan wartawan dan warga di beberapa desa di Kecamatan Sumber Wringin, Bondowoso. Sejumlah awak media, seperti online, radio, cetak dan televisi sempat tertahan di Kecamatan Sumber Wringin, Bondowoso, untuk menunggu informasi kepastian lokasi  jatuhnya pesawat tersebut.


Jatuhnya sebuah pesawat di kawasan Gunung Raung ini, mulai beredar di warga pada Senin malam (29/10/2012), setelah ada pengakuan warga yang melihat sebuah pesawat terbang rendah dan sempat terdengar gemuruh seperti ledakan.
“Sekitar pukul 18.30 WIB ada warga di Dusun Sepanas Desa Rejoagung yang melihat ada pesawat terbang rendah,” kata M. Asnawi Sabil, Camat Sumber Wringin, seusai melakukan penyisiran.
Ditambahkanya, warga bernama Timbun (50), menjelaskan bahwa pesawat itu tidak berukuran besar, layaknya pesawat komersil. Karena malam itu bulan bersinar terang, maka pesawat itu cukup jelas terlihat. Pesawat tersebut mengarah dari barat ke timur di kawasan Gunung Raung. Bahkan pesawat tersebut terbang di atas ketinggian sekitar 100-200 meter di kawasan pegunungan tersebut.
Selain ada warga yang melihat pesawat terbang rendah, ada warga lain yang mendengar adanya deruman dari pesawat yang lewat. Bahkan beberapa saat kemudian, terdengar dentuman yang diduga pesawat tersebut jatuh atau menabrak tebing pegunungan. Dari situlah kemudian menyebar ke warga lainnya bahwa ada pesawat yang jatuh.
Warga di Dusun Sepanas kemudian berinisiatif melakukan penyisiran sendiri untuk mengetahui kepastian jatuhnya pesawat tersebut. Tak hanya di Dusun Sepanas, kabar jatuhnya pesawat tersebut juga menyebar ke beberapa Dusun lainnya, seperti Dusun Poloagung dan Sumber Canting Desa Sukorejo. Malam itu, warga di kedua dusun tersebut kemudian juga melakukan penyisiran. Namun hingga pagi hari, warga tidak mendapatkan bangkai pesawat.
Sementara itu, Camat Sumber Wringin yang dibantu oleh BPBD Bondowoso, Anggota Koramil dan Polses serta relawan melakukan penyisiran. Penyisiran pada pagi hingga sore hari difokuskan di Dusun Sepanas yang diduga menjadi titik jatuhnya pesawat, namun masih belum ada hasil. “Ada sekitar 20 orang yang melakukan penyisiran,” ujar Sabil.
Penyisiran yang dilakukan tim gabungan ini, hingga ke pegunungan Legan di sekitar Raung. Meski sempat terlihat kepulan asap, namun ternyata itu merupakan kawasan hutan yang terbakar. “Kalau memang ada pesawat jatuh, dugaan kita mungkin di balik gunung Legan itu. Rencana besok akan ada penyisiran kembali,” tandasnya.
Hal senada juga disampaikan oleh Choiron Hasyim, Kabid Logistik BPBD Bondowoso yang ikut memantau kabar jatuhnya pesawat tersebut. “Kebetulan kita memantau perkembangan Raung yang masih berstatus Siaga (Level III), setelah kita lakukan penyisiran, kita belum menemukan adanya tanda-tanda jatuhnya pesawat,” katanya.
Sejauh ini, beberapa awak media masih bertahan di wilayah Kecamatan Sumber Wringin. Mereka masih menunggu kepastian lokasi jatuhnya pesawat yang diduga berjenis Air Craft itu.

Sumber :http://lensarakyat.com/
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan sopan dan sewajarnya... ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment